Menuju Indonesia Maju di Era Digital


Andoko Derta
Di era digital saat ini, sosial media sudah tidak dapat terpisahkan lagi dengan kehidupan kita. Hampir sebagian waktu kita dihabiskan di dunia maya.

Coba tanya diri anda. Apa yang pertama kali dilakukan saat bangun tidur. Hampir semua anak muda sepakat untuk menjawab membuka Smartphone. Setuju?

Penyebaran informasi  melalui internet sudah sangat cepat baik media mainstream seperti portal - portal berita juga melalui media sosial seperti facebook, instagram, youtube, blog dan media sosial lainnya. 

Bahkan instansi pemerintah pun sudah memiliki akun - akun media sosial untuk menyebarkan informasi kegiatan yang dilakukan. Saya contohkan sekelas Presiden Jokowi dengan jadwal yang sangat padat masih sempat berkomunikasi dengan rakyatnya melalui Vlog. 

Saya sendiri salah satu pelanggan atau subscriber dari kanal JKWvlog. Pak Jokowi rutin membagikan kegiatan pribadi dirinya dan juga kegiatan kenegaraan melalui Kanal Youtube.

Nah sobat kali ini saya berkesempatan mengikuti kegiatan flash blogging dari Kementerian Kominfo RI melalui Direktorat Jenderal Indormasi dan Komunikasi Publik dengan tema Menuju Indonesia Maju.

Ada dua narasumber yang dihadirkan Mas Andoko Darta dari Tim Komunikasi Presiden dan Mbak Mira Sahid salah satu blogger Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Andoko menyampaikan program pemerintah tentang pemerataan yang berkeadilan melalui media audio visual. Pemerintah memang gencar menyampaikan informasi melalui video - video di kanal Youtube agar bisa dikonsumsi masyarakat luas.

Berikut salah satu video yang diembed dari Kanal Sudut Istana:




Video ini menyampaikan kegiatan Presiden Jokowi yang fokus melakukan pembangunan di seluruh daerah di Indonesia. 

Saya setuju sih dengan pemerintahan Jokowi yang fokus membangun infrastruktur di daerah yang bisa dibilang terisolir. Tentunya ini demi kemajuan rakyat Indonesia dari seluruh penjuru. 

Setelah menampilkan beberapa video, Mas Andoko juga mengajak peserta Flash Blogging yang berjumlah 75 orang dan semuanya blogger asal Bengkulu untuk proaktif memberantas Hoax. 

Menurutnya membangun Indonesia bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk Blogger. Tentunya dengan menulis hal - hal positif, termasuk proaktif dengan berita - berita Hoax. 

Selain Mas Andoko, kita juga mendapat wejangan dari Mbak Mira Sahid salah satu blogger Indonesia. 

Mira Sahid, Blogger
Mbak Mira membeberkan trik - trik menjadi blogger sukses. Menurutnya, blog menjadi personal branding dari seseorang. Istilahnya You What You Write!

Maka dari itu, ia berhap penulis blog menulis hal - hal yang baik. Karena orang akan menilai siap kita dari tulisan kita. 

Ia mencontohkan banyak sekali orang - orang yang tidak beretika dalam menulis sehingga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Apalagi undang undang ITE sangat ketat mengatur segala hal di dunia maya. 
Antusias peserta Flash Blogging Bengkulu

Kemudian Mbak Mira yang juga sebagai Founder Emak Blogger membagikan kiat - kiat membentuk blog yang bagus. Diantaranya harus ramah mata, up to date, informatif, spesifik, berguna dan unik.

Ia juga mengatakan, harus think before you post. Artinya pikirkan dulu konten yang akan dibuat. Sebab blog sifatnya publik. Sekali dipublish maka semua orang di seluruh dunia bisa mengkonsumsinya. 

Gimana guys! Sepakatkan untuk menulis hal - hal baik di blog kita demi Menuju Indonesia Maju.




4 komentar :

  1. wah.. aku gak tau ada acara ini. lain kali ajak aku ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapp mau ikut grup blogger bengkulu nggak?

      Hapus
  2. Wah pengen ikut seminar bloger

    Kira kira dimana ya..?

    YUK KLIK LINK DI BAWAH INI SEGERA !!!!

    Ton Nasa

    BalasHapus

My Instagram

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates