WHAT'S NEW?
Loading...

BACA: Untuk Semua Orang Tua yang Anaknya Hobi Main Game Online di HP

Hasil gambar untuk mobile legends
Untuk semua orang tua yang anaknya hobi main game online di HP. Coba cari tau jenis game apa yang mereka mainkan! Bila game yang dimainkan berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) seperti Mobile Legends, AoV, dan lain-lain, maka game jenis ini bukanlah game yang bisa di-berhenti-sebentar-kan (di-pause). Ada rentang waktu yang harus anak anda dedikasikan khusus untuk bermain, dan mengembangkan kemampuannya.

Nah, setelah 1 pertandingan (10-30 menit), anak anda punya selang waktu menentukan apakah ia akan main lagi, atau beristirahat. Gunakanlah waktu istirahat ini untuk meminta anak anda melakukan sesuatu (belanja, mencuci, dan lain-lain).

Bila anda bertanya, "kenapa ga bisa di-pause?"

Anak anda mungkin sulit menjelaskannya ke anda, maka biarkan saya menjelaskan nya secara simpel. Setiap pertandingan MOBA umumnya melibatkan 5 orang di setiap tim, anak anda salah satunya, untuk bermain bersama mengalahkan tim lawan.

Maka saat anak anda dipaksa berhenti bermain sejenak, maka akan ada 4 orang anak lainnya yang akan kalah dan kecewa di tempat lain.

Serupa seperti "tarik tambang", anda tidak seharusnya menghentikan anak anda yang sedang bersama-sama temannya menarik tambang, dan menyuruhnya melakukan hal lain, bukan? Tim mereka akan kalah dengan mudah!

Kemudian mungkin anda akan berkata, "ah! Itu cuma game saja!".

Memang benar, tapi dimana lagi anak anda bisa melatih "rasa kompetitif", "daya juang", "merasakan kemenangan dari strategi", dan "kecewa dari kekalahan karena kesalahan", hanya dengan duduk dan memegang gadget mereka? Anda tidak akan bisa memberikan pengalaman yang sama di manapun!

Mari para orang tua, jadilah orang tua yang modern! Awasi anak anda yang bermain game, batasi waktu mereka bermain, atur porsi yang sesuai dengan sekolah mereka. Tapi jangan ganggu mereka ketika sedang berada di arena. Dukung mereka untuk jadi pemain yang lebih baik, dan analogikan permainan itu ke dalam kehidupan mereka. Saya yakin, akan ada banyak manfaat yang bisa didapat.

Tulisan ini saya dedikasikan khusus untuk semua orang tua, mewakili seluruh anak yang kesulitan menjelaskan tentang game kepada orang tuanya.

SHARE!

#SalamGamer

Opini RD

0 komentar:

Posting Komentar